Cara Membuat Blog untuk Pemula, Cepat dan Mudah

Pada artikel kali ini, saya akan membahas sedikit pengalaman untuk dapat membuat blog anda  menjadi semakin efektif dan banyak dikunjungi pembaca dan menjadi pembaca setia blog Anda. Setiap hari ada begitu banyak blog baru yang dibuat oleg para blogger diseluruh dunia, dan otomatis persaingan di search engine google akan menjadi semakin berat.

Ada beberapa blog yang terlihat jumlah visitornya sangat ramai, namun juga banyak sekali blog-blog yang lainnya yang mengalami sepi pengunjung, jika pengunjung banyak pun kebanyakan mereka adalah pengunjung yang nyasar, artinya mereka hanya kebetulan membuka blog anda namu langsung pindah ke blog lain karena isi konten blog anda kurang menarik, padahal sebagai sebuah media informasi yang didominasi tulisan, sebuah blog yang bagus diukur dari tingkat pembacanya. Perlu anda ketahui bahwa”pembaca” dalam tulisan ini merujuk pada pengunjung yang membaca isi blog, sementara “pengunjung” bisa jadi hanya sekadar numpang lewat saja tanpa membaca apa yang menjadi isi dari blog kita.

Seandainya jumlah pengunjung blog kita begitu tinggi, kita juga tidak boleh menyimpulkan bahwa cara kita dalam mengelola blog kita ini telah berhasil. Memang benar pengunjung ramai, tapi apakah isi dari artikel yang telah kita buat tadi dibaca dengan baik dan informasi yang ingin kita sampaikan diterima dengan benar? oleh pengunjung, kita juga tidak tahu.

Jika pengunjung hanya nyasar mengunjungi blog kita, tentu kalaupun blog kita ramai, tapi tak jauh beda dengan jalan tol yang hanya sebagai media untuk lewat untuk menuju tempat lain.

Dari sedikit pemikiran diatas, hendaknya kita  berusaha mencari tahu untuk dapat membuat blog yang ramai pengunjung namun juga ramai pembaca.

Setelah kita berhasil membuat blog gratis dengan memanfaatkan situs pembuat blog milik google blogspot.com, langkah penting berikutnya adalah bagaimana cara kita untuk dapat  menggiring pengunjung dari sekadar numpang lewat menjadi pembaca blog kita yang setia. Dan berikut saya bagikan untuk anda, trik agar pengunjung blog anda setia berselancar disitus anda dan betah berlama-lama untuk membaca artikel yang telah anda buat.

TIPS MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG AGAR BETAH MEMBACA SELURUH ISI BLOG :

1. Menambah font size dan spacing
Sekarang mari kita amati blog bagus yang populer. Tampilan tulisannya pasti sangat bagus, bersih, simpel, dan mudah dibaca. Mengatur ukuran font size blog menjadi 8-11 poin membuat tampilan lebih ringan dan enak dibaca. Font size 11 poin terbukti meningkatkan average time on site hingga 27 detik. Jangan lupa atur Spacing yang baik agar menampilkan kesan lebih lega.

2. Gunakan headings, bullets, lists, dan block quotes
Tulisan panjang tanpa jeda/pemisah menjadi kurang menarik untuk dibaca dan membuat pembaca mudah jenuh. Untuk mempercantiknya, manfaatkanlah headings, bullets, list, dan block quotes. Setiap membuat 1 artikel, pecahlah ke dalam beberapa subjudul. Jika ingin menjelaskan langkah atau daftar, tampilkan dengan bullets dan lists agar tidak nampak overload dalam satu paragraf. Sisipkan pula block quotes untuk hal penting yang ingin ditekankan.

3. Berinteraksi dengan pembaca
Gunakan kata sapaan : “saya”, “Anda”, “kamu”, dan “kita” dalam tulisan. Perlakukan pembaca seperti teman mengobrol. Hal ini berguna untuk membuat pembaca seolah-olah sedang berhadap-hadapan dengan anda untuk saling bertanya-jawat tentang informasi yang sedang mereka cari.

4. Berikan gambar di dalam artikel anda
Kehadiran gambar sangat membantu menambah daya tarik tulisan dan menjadi ilustrasi yang memudahkan penjelasan. Jangan terlalu banyak memberikan gambar ke dalam sebuah artikel blog, maksimal 3 gambar dari satu artikel. Jikapun ingin menggunakan lebih dari 3 gambar, pastikan gambar tersebut bisa menambah daya tarik dan menjelaskan isi tulisan dengan baik.

5. Satu postingan maksimal minimal 500 kata dan maksimal 1.500 kata
Blog yang kita buat bukanlah novel atau buku, kata-kata yang terlalu banyak akan membuat pengunjung mudah jenuh. Pembaca di internet pun tidak mungkin meluangkan waktu yang terlalu panjang untuk membaca sebuah isi dari artikel. Oleh karena itu, biasakan membuat satu tulisan paling banyak 1.500 kata, dan usahakan paling sedikit adalah 500 kata.

6. Kesimpulan
Berilah suatu kesimpulan penting dibagian bawah artikel yang anda buat, terutama bagi pembaca yang mungkin tidak memiliki waktu banyak membaca 1 tulisan penuh. Selain itu, kesimpulan mengarahkan pembaca untuk langsung scroll down membaca kesimpulan - merasa tertarik -  lalu memutuskan untuk membaca keseluruhan tulisan dari awal.

Nah itulah salah satu trik agar blog anda menjadi ramai dengan pengunjung yang setia.

Subscribe to receive free email updates: